Senin, 07 Oktober 2024

INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Sosialisasi Program Kerja KKN Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman

Sosialisasi Program Kerja KKN Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman

Sosialisasi Program Kerja KKN Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman

Sebelas mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menjalani Kuliah Kerja Nyata di Desa Banjarejo pada 11 Juli - 13 Agustus 2024 (35 hari) dengan membawa 23 program kerja yang terbagi dari 5 bidang, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, pemberdayaan lingkungan, dan pelayanan desa.

 

Pada Jumat (12/07/2024) pukul 10.30, telah dilaksanakan sosialisasi program kerja yang dihadiri kepala desa, perangkat desa dan ibu-ibu kader kesehatan Desa Banjarejo yang diharapkan dapat mewakili masyarakat. Berdasarkan hasil sosialisasi yang telah disampaikan, didapatkan berbagai saran mengenai program kerja yang akan dilakukan.

Adapun program kerja yang akan dilakukan selama 35 hari di Desa Banjarejo yaitu : 

Bidang Kesehatan:

1. PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat)

Program kerja PHBS akan dilaksanakan pada Selasa, 6 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mencuci tangan, sikat gigi, dan pemenuhan gizi seimbang pada siswa SD kelas 2.

2. Edukasi Stunting dan DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting)

Program Kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang stunting dan MPASI sehingga diharapkan Ibu-ibu yang memiliki balita dapat mengetahui wawasan seputar stunting dan pencegahannya, serta dapat menambah wawasan terkait menu untuk  MPASI khususnya yang memanfaatkan pepaya. Kegiatan ini akan dilakukan pada Sabtu. 3 Agustus 2024.

3. Penyuluhan Hipertensi dan Diabetes Melitus

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pada lansia seputar hipertensi dan diabetes melitus serta cara mengontrol gula darah dan tekanan darah tinggi.

4. Remaja Sehat

Program Remaja Sehat terdiri dari dua materi penyuluhan yaitu konsumsi tablet tambah darah dan bahaya merokok. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang pentingnya konsumsi tablet tambah darah serta bahaya merokok. 

5. Membantu Posyandu Balita, Remaja, dan Lansia

Program kerja ini bertujuan untuk membantu pelaksanaan posyandu balita, remaja, dan lansia, membantu administrasi posyandu, serta mendampingi kegiatan pemberian makanan tambahan. 

6. Senam (Germas)

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diselenggarakan berupa senam pagi setiap minggu. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh masyarakat.

7. Pencarian Faktor Risiko Stunting

Program kerja ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko stunting di Desa Banjarejo sehingga dapat mempermudah penanganan pemberantasan stunting di Desa Banjarejo.

 

Bidang Pendidikan:

1. Sosialisasi Rokok Ilegal

Program kerja ini bertujuan mengedukasi masyarakat Desa Banjarejo tentang bahaya merokok dan dampak negatif dari rokok ilegal sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Banjarejo akan hukum dan peraturan mengenai rokok.

2. Lomba Cerdas Cermat antar SD Banjarejo

Program kerja ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan di bidang akademik di Desa Banjarejo, meningkatkan kemampuan kerjasama dan berbagi ide demi mencapai tujuan bersama, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kompetitif. 

3. Mengajar TPQ

Program kerja ini bertujuan untuk membimbing anak-anak Desa Banjarejo dalam membaca Al-Qur`an dengan tajwid yang benar memahami maknanya, menanamkan nilai-nilai akhlak dan moral yang baik sesuai dengan ajaran islam agar anak-anak Desa Banjarejo tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

3. Pendampingan Belajar

Program pendampingan belajar bertujuan untuk membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik, membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran tertentu sehingga dapat mengatasi hambatan belajar. 

4. Lomba Mewarnai

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, meningkatkan keterampilan motorik, dan membangun keterampilan sosial  anak-anak TK Desa Banjarejo. Harapannya kegiatan ini dapat mendorong anak anak TK Desa Banjarejo untuk mengekspresikan diri mereka melalui seni dan warna, membantu anak-anak TK Banjarejo dalam mengembangkan keterampilan motorik halus mereka melalui aktivitas mewarnai, serta memupuk semangat kompetisi sehat. 

5. Game Edukasi

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan anak dalam konsep dasar seperti bentuk dan warna serta meningkatkan keterampilan motorik dan melatih rasa tanggung jawab anak.

 

Bidang Ekonomi:

1. Sosialisasi Kewirausahaan

Program kerja ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang kewirausahaan kepada masyarakat desa, terutama kepada pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memotivasi masyarakat untuk berinovasi dan meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan usaha, serta melatih keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Dengan diadakan program kerja ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa untuk mengembangkan potensi lokal dan memaksimalkan sumber daya yang ada, memperkuat ikatan sosial dan solidaritas antar anggota komunitas melalui kegiatan bersama dan kolaborasi, serta masyarakat dapat membentuk jejaring bisnis yang lebih luas, baik antar pelaku UMKM maupun dengan mitra bisnis lainnya. 

2. Pendampingan UMKM

Program kerja ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan keterampilan manajemen usaha mereka, termasuk perencanaan, pengelolaan keuangan, dan pengambilan keputusan, membantu UMKM dalam mengidentifikasi dan mengakses pasar baru, baik lokal maupun regional, meningkatkan kualitas produk dan layanan UMKM melalui pelatihan dan konsultasi teknis, serta membantu UMKM untuk mengadopsi teknologi digital dalam operasional mereka, seperti pemasaran online, e-commerce, dan sistem informasi manajemen. Dengan diadakan program kerja ini diharapkan pelaku UMKM akan mendapatkan peningkatan kompetensi dalam berbagai aspek bisnis, yang membantu mereka dalam mengelola usaha dengan lebih efektif, serta melalui pendampingan, UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional mereka. 

Bidang Lingkungan:

1. Sosialisasi Menjaga Kebersihan Lingkungan

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memberi pengetahuan tentang pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik yang tepat. Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan masyarakat mampu membedakan sampah organik dan anorganik, serta terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman. 

2. Sosialisasi Irigasi Tetes

Program kerja ini bertujuan untuk memberikan pemahaman khususnya kepada para petani terkait sistem dan tata cara pembuatan irigasi tetes serta kelebihan yang bisa didapat dari teknik irigasi tetes dibandingkan teknik yang lain. Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan para petani bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dari materi yang telah dipaparkan terkait tata cara dan kelebihan irigasi tetes.

3. Kerja Bakti

Program kerja ini bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong, meningkatkan solidaritas yang terjalin di masyarakat, serta menumbuhkan empati dan tanggung jawab terhadap kebersihan dan keamanan lingkungan. Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, mempererat hubungan antar warga, menghindari resiko penularan penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat, serta menjadi contoh yang baik bagi generasi muda. 

4. Intensifikasi Pekarangan

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan lokal melalui budidaya tanaman dan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan mereka secara optimal. Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan masyarakat dapat memproduksi pangan lokal melalui budidaya tanaman dan dapat memanfaatkan pekarangan dengan optimal.

5. Instalasi Irigasi Tetes

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan skill para petani dalam pembuatan sistem irigasi tetes serta pemanfaatannya dalam teknik budidaya tanaman demi menghemat penggunaan air dan pupuk secara efisien di bidang pertanian. Dengan diadakannya program kerja ini diharapkan para petani dapat mengembangkan kemampuan dalam membuat dan memanfaatkan sistem irigasi tetes di bidang pertanian sertai dapat merasakan langsung kelebihan yang diberikan dari pemanfaatan sistem irigasi tetes 

Bidang Pelayanan Desa:

1. Piket Desa

Program kerja ini bertujuan untuk membantu para perangkat desa dalam mengurus layanan administrasi desa di balai desa. Serta agar mahasiswa dapat berpartisipasi dalam membantu kegiatan di desa, meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, serta membantu persiapan kegiatan yang rutin dilakukan dan akan dilakukan oleh desa. Dengan adanya piket desa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan rasa empati dan solidaritas karena dengan adanya piket desa kami dapat mengetahui apa saja kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat, serta mengembangkan sikap sosial karena sering bersosialisasi dengan masyarakat.   

2. Pengoptimalan Website Desa

Program kerja ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi terkini mengenai berbagai kegiatan, proyek pembangunan dan peristiwa penting yang terjadi di desa, mempermudah pihak luar untuk lebih mengenal Desa Banjarejo serta meningkatkan SDM desa dan pelayanan desa yang dilakukan oleh pemerintah desa.

3. Sosialisasi Program Kerja KKN

Program kerja ini merupakan program kerja yang bertujuan untuk menginformasikan masyarakat Desa Banjarejo mengenai program kerja KKN Unsoed Desa banjarejo 2024 agar masyarakat mengetahui dan dapat berpartisipasi di setiap proker yang ada serta menjadi sarana kritik dan saran untuk program kerja yang akan dilaksanakan. Dengan terlaksananya sosialisasi program kerja KKN diharapkan masyarakat mengetahui program kerja apa saja yang akan dilakukan sehingga timbul adanya dukungan dan bimbingan dari masyarakat.

Pada matriks tersebut terdapat rencana pelaksanaan setiap program kerja yang akan dilaksanakan. Waktu pelaksanaan dapat berubah menyesuaikan situasi dan kondisi serta pertimbangan efektifitas pelaksanaan program kerja.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter